CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Jumat, 05 November 2010

PMS? No Problem!

PMS (Premenstrual Syndrome) atau juga yang disebut dengan PMT (Premenstrual Tension) memang nyebelin.

Tapi sebetulnya ada lho, makanan yang bisa mengurangi rasa sakit saat PMS datang. Apa saja ya? Yang pastinya nih, kamu sebaiknya menghindari makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan soft drink. Sebaiknya pilih makanan yang kaya akan:

Kalsium
Kita bisa mendapatkan kalsium dari dalam susu tanpa lemak, jus jeruk, yoghurt serta biji almond. Penelitian membuktikan, cewek yang mengkonsumsi 1.200mg kalsium setiap hari dapat mengalami pegurangan gejala PMS seperti kram dan perasaan kembung serta perubahan mood. Bahkan para ahli memperkirakan kalau sebetulnya PMS itu disebabkan oleh konsumsi makanan yang kurang kandungan kalsiumnya. waah!

Karbohidrat
Hari-hari sebelum menstruasi, tingkat kimia Serotonin (bahan kimia yang bertanggung jawab bagi perasaan gembira) pada otak menurun dan dapat mengakibatkan perasaan kita jadi mudah sedih dan tidak fit. Nah, kabohidrat-lah yang dapat membantu produksi Serotonin meningkat lagi. Jadi makanlah: pure kentang, jagung, buncis, gandum dan roti. Cokelat juga dipercaya dapat mengembalikan Serotonin, lho. 

Magnesium
Mineral super penting ini mempunyai efek yang sama dengan kalsium dalam mengurangi rasa sakit saat menstruasi. Penelitian menunjukkan kalau cewek yang mengkonsumsi 200mg magnesium sehari mengurangi kembung dan  rasa nyeri pada payudara sampai hampir 40%. Magnesium banyak terdapat pada tahu dan sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, kacang-kacangan serta pisang.

0 komentar:

Posting Komentar