CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 27 Januari 2011

Pilih Makanan Sekaligus Selamatkan Bumi

Gadis Aksi
Untuk ikutan menyelamatkan bumi, ada banyak cara gampang yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah dengan memilih makanan kita. Soalnya proses produksi dan asal makanan bisa bikin perubahan buat nasib bumi kita. Masih belum nyambung? Simak penjelasannya berikut ini!

Go Local
Memilih makanan yang berasal dari daerah dekat kita jauh lebih baik daripada makanan yang diimpor atau diproduksi di pulau yang berbeda. Kenapa? Soalnya makanan yang diimpor atau pun diproduksi jauh dari tempat tinggal kita,  membutuhkan perjalanan yang jauh untuk sampai ke tempat kita. Pengangkutan makanan itu pastinya menghabiskan banyak bensin dan menimbulkan polusi udara. Jadi, selama masih bisa pilih makanan lokal, kenapa mesti yang impor?

Go Organic
Makanan organik adalah makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan organik yang hanya sedikit atau sama sekali nggak memakai pestisida dalam proses penanamannya. Soalnya penggunaan pestisida itu bisa merusak lingkungan. Nah, kalau kita memilih makanan organik, berarti kita mengurangi kerusakan lingkungan.

Less Meat
Peternakan adalah salah satu tempat yang memakai banyak sumber energi untuk mengelolanya. Mulai dari penggunaan air, berbagai jenis mesin yang memerlukan bensin, sampai limbah peternakan yang semuanya bisa berakibat kepada perusakan lingkungan. Makanya, kita mesti coba mengurangi makan daging, nih. Nggak berarti kita harus jadi vegetarian, tapi bakal lebih bagus kalau kita mengurangi konsumsi daging.

Fresh Foods
Seberapa pun praktisnya makanan kemasan atau makanan instan, makanan segar jauh lebih bagus buat keselamatan bumi kita. Nggak cuma karena zat pengawet yang digunakan dalam makanan instan, tapi juga karena untuk mengemas makanan tersebut diperlukan proses produksi yang lebih rumit. Proses pengemasan inilah yang menghabiskan banyak energi dan menghasilkan limbah yang nggak bagus buat bumi. 

0 komentar:

Posting Komentar