CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Minggu, 14 Agustus 2011

Mitos vs Fakta Cantik

Kita pasti punya ritual yang berbeda-beda dalam menjaga dan merawat kecantikan. Selain membaca dari berbagai sumber, kadang “warisan” dari mama juga sering kita praktekkan.

Warisan itu belum tentu semuanya benar. Kadang cuma sekedar mitos atau kepercayaan yang belum terbukti kebenarannya. Nah, daripada bingung mikir salah benarnya, mendingan kita cari tahu, yuk!

Mitos: Air dingin atau es batu baik untuk mengecilkan poripori.
Fakta: Ketika kita membasuh wajah dengan air dingin, otomatis pori-pori akan mengecil. Begitu juga ketika kita membasuh wajah dengan air hangat, maka pori-pori akan sedikit melebar. Namun, hal itu cuma berlangsung saat itu saja. Jadi, lakukan saja perawatan wajah secara teratur dan gunakan masker atau scrub untuk membantu mengangkat sel kulit mati supaya wajah lembut dan cerah.

Mitos: Pasta gigi dapat menghilangkan jerawat.
Fakta: Umumnya pasta gigi mengandung mentol yang bersifat mengurangi peradangan pada jerawat, tapi bukan menghilangkan jerawat. Artinya, jerawat tetap harus dihilangkan dengan menggunakan obat jerawat.

Mitos: Menyikat rambut sesering mungkin bakal bikin rambut kita sehat.
Fakta: Hati-hati, justru rambut kita akan lebih mudah patah dan kulit kepala akan lebih berminyak.

Mitos: Membasahi atau menjilat bibir, bikin bibir selalu lembab.
Fakta: Air liur yang mengandung kelenjar atau enzim, justru dapat membuat bibir kita semakin kering.

Mitos: Menambah olesan lipstik secara berulang sangat hemat dan praktis.
Fakta: Biasakan membersihkan bibir terlebih dahulu sebelum memoles lipstik yang baru, terutama kalau rentang waktunya cukup lama. Soalnya, bisa saja olesan awal tadi sudah tercemar di udara, bercampur debu dan bahkan sisa makanan yang menempel di bibir. Hal ini bisa menyebabkan timbunan bakteri yang juga dapat mencemari lipstik kita.

Mitos: Sunscreen tidak dibutuhkan saat udara dingin dan saat kita berada di dalam ruangan.
Fakta: Meski udara dingin atau cuaca mendung dan bahkan saat kita berada di dalam ruangan, sebaiknya tetap menggunakan sunscreen. Soalnya, ternyata pancaran sinar ultraviolet (UV) bahkan lebih kuat saat cuaca di luar sedang mendung. Sinar UVA dan UVB masih bisa menembus awan mendung dan meradiasi kulit yang tidak berpelindung.

Mitos: Mengoleskan madu sebelum tidur, membuat bibir tambah lembab dan sehat.
Fakta: Madu lebah murni memang bagus untuk bibir kita. Mengapa? Karena, cairan madu mengandung kadar gula murni yang dapat memberikan nutrisi pada bibir dan menggantikan fungsi lip balm, yang melembabkan.

Mitos: Mentimun dapat mengurangi kantung mata.
Fakta: Benar, tapi sifatnya hanya sementara. Artinya, setelah beberapa waktu, kantung mata akan kembali muncul. Pada dasarnya, kantung di bawah mata terjadi karena fluit retention (penahanan cairan tubuh), dan penahanan cairan itu makin terlihat karena kulit di bawah mata jauh lebih tipis ketimbang kulit di bagian tubuh yang lainnya. Meletakkan irisan mentimun di atas mata yang terpejam akan menyejukkan kulit di area itu, sehingga mengurangi aktivitas pembuluh-pembuluh kapiler di area itu dan membuat tampilan kantung mata jauh berkurang.

Mitos: Cokelat dan makanan berminyak bisa bikin jerawatan.
Fakta: Yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah produksi minyak di kulit yang berlebihan dan tidak bersihnya kita pada saat membersihkan wajah.

Mitos: Rajin memotong ujung rambut bisa membuat rambut kita lebih tebal dan lebih cepat tumbuh.
Fakta: Memotong rambut secara teratur (trimming), gunanya untuk menghilangkan ujung rambut yang mulai bercabang.


0 komentar:

Posting Komentar