CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Minggu, 09 Oktober 2011

Ortu Akan Menikah (Lagi)

Perceraian adalah hal yang menyakitkan bagi semua orang. Percayalah, tidak hanya kita yang sakit hati dan bingung harus memilih Papa atau Mama, tapi ortu kita pasti merasakan hal yang tak kalah beratnya. Nah, ketika kita semua sudah bisa melalui dan menerima proses perceraian ortu, masalah muncul lagi saat…..mereka menemukan pendamping hidup yang baru.

Aduuhhh, gimana ya seandainya kita harus hidup dengan ibu/bapak tiri? Sebenarnya tidak semua ortu tiri itu mengerikan seperti yang kita lihat di film-film, kok. Banyak juga yang baik hati dan bersikap layaknya orang tua kandung. Jadi, sebelum parno dan menentang habis-habisan, ada baiknya lakukan hal-hal di bawah ini saat tahu ortu kita akan menikah lagi.


  1. Berpikirlah bahwa papa/mama tiri ini adalah sosok yang dicintai oleh ortu kita. Kehadirannya bukan untuk menggantikan sosok papa/mama kandung, tetapi lebih menjadi teman hidup untuk bertukar pikiran ortu kita.
  2. Sebelum mereka resmi menikah, ajak papa/mama ngobrol dari hati ke hati, untuk mengungkapkan apa yang kita inginkan jika mereka menikah lagi. Yang jelas, kita ingin pernikahan kedua ini tidak mengganggu hubungan kita dengan papa/mama kandung.
  3. Jangan keburu menuduh papa/mama tiri ini tidak bisa membaur dengan kita dan keluarga besar. Karena tidak gampang lho, untuk masuk ke sebuah keluarga baru. Mereka pasti butuh waktu untuk menyesuaikan diri juga.
  4. Jangan membanding-bandingkan papa/mama tiri dengan papa/mama kandung. Setiap orang pasti punya sifat yang berbeda. Membandingkan keduanya hanya bikin kita makin sering melihat kesalahan dan bukan kebaikannya.
  5. Hargai papa/mama tiri kita, jangan malah “berkompetisi” untuk mendapatkan perhatian papa/mama kandung. Tenang saja, bagaimana pun juga ortu itu tidak akan pernah lupa dengan anaknya, kok.


Memang menerima kehadiran orang baru dalam keluarga itu tidak mudah. Tetapi daripada sibuk melawan dan memberontak, kenapa nggak mencoba untuk berteman dengannya?  




Dea-Foto:Istimewa

0 komentar:

Posting Komentar