CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 18 Oktober 2010

Bayi Lahir dari Embrio Beku 20 Tahun

Jakarta - Seorang wanita di Amerika Serikat melahirkan bayi laki-laki dari embrio yang sudah dibekukan selama hampir 20 tahun.

Bayi itu lahir dalam kondisi sehat pada Mei lalu. Dari laporan majalah Fertility and Sterility, ini adalah kejadian yang pertama kali karena belum pernah ada bayi lahir dari embrio yang telah beku begitu lama.

Adalah Dokter Sergio Oehninger dari Jones Institute for Reproductive Medicine, Eastern Virginia Medical School yang telah menangani perawatan pada ibu bayi berusia 42 tahun itu selama sepuluh tahun.

Lantaran mengalami infertilitas, perempuan yang dirahasiakan identitasnya itu terpaksa membekukan embiro janinnya selama 19 tahun 7 bulan di institut tersebut.

Dokter Oehninger memang dikenal sebagai pakar "bayi tabung". Dialah salah satu dokter yang membantu kelahiran Elizabeth Carr Comeau yang menjadi bayi tabung pertama di dunia pada 1981. Kini Comeau telah menikah dan bekerja sebagai produser berita untuk situs Web The Boston Globe.

Sebutan bayi tabung bagi embiro yang awalnya dipertemukan di luar rahim, menurut Dokter Oehniger sebenarnya tidak tepat. Istilah yang tepat adalah "in-vitro fertilization" karena kelahiran mereka terjadi ketika sel telur dan sel sperma orang tua mereka bergabung dalam cawan petri, bukan tabung reaksi. Kemudian setelah menjadi embrio akan diikatkan ke rahim ibunya hingga tumbuh sempurna.

0 komentar:

Posting Komentar