CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 19 Oktober 2010

Hobi Menyalahkan

Saat terjepit masalah atau terkena musibah, kita seringkali dengan mudahnya melempar kesalahan kepada orang lain. Sikap suka menyalahkan ini banyak penyebabnya sih, antara lain karena emosi atau menyelamatkan diri. Tapi apapun alasannya, kebiasaan satu ini harus dihilangkan! Caranya.....


Kontrol emosi. 
Keinginan untuk menyalahkan orang lain biasanya muncul saat lagi emosi berat. Jadi, tarik napas dulu sebelum mulai “menyemprotkan” amarah. Emosi terkendali, pasti kata-kata yang keluar dari mulut kita pun lebih tepat sasaran.

Berani mengakui.
Paling susah memang mengakui kesalahan. Hanya orang-orang pemberani yang bisa melakukannya. Anggap saja kita termasuk si pemberani itu yang mau mengakui kesalahan, daripada mencari kambing hitam.

Berempati.
Coba pikirkan perasaan orang lain yang kita salahkan itu. Kalau kita berada di posisi dia pasti rasanya nggak enak banget. 

Takut ketahuan.
Yap, suatu saat akan ketahuan bahwa orang yang kita tuduh itu nggak bersalah. Nah, kalau hal itu terungkap, kan kita juga yang malu. Makanya sebelum itu terjadi, batalkan niat menyalahkan orang lain.

Cari solusi.
Daripada membuang waktu mencari siapa yang salah lebih baik kita memperbaiki kesalahan itu. Semakin cepat solusi ditemukan, semakin cepat masalah kita terselesaikan.


0 komentar:

Posting Komentar