CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 21 Oktober 2010

Tidak Ada Hubungan Ponsel Sebabkan Kanker

Anggapan yang berkembang selama ini dimana ada hubungan antara pemakain ponsel dengan meningkatnya resiko kanker tidak lagi perlu dikhawatirkan pasalnya menurut penelitian terbaru pemakaian ponsel tidak lagi meningkatkan resiko kanker meski dalam 10 tahun pemakaian. 
 
Penelitian sebelumnya menyebutkan pemakaian ponsel dapat meningkatnya resiko acoustic neuroma, semacam tumor saraf yang menghubungkan telinga dengan otak namun penelitian terbaru yang dilakukan Institute of Cancer Research yang dilakukan di lima negara Eropa dengan melibatkan lebih dari 4 ribu orang tidak menemukan hubungan antara keduanya. Meski demikian para ahli masih menyarankan untuk membatasi pemakaian ponsel sebagai ukuran kehatian-hatian dini. 

Di tengah peningkatan pengguna ponsel yang saat ini telah mencapai satu milyar pengguna diseluruh dunia masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah masalah kesehatan tidak akan muncul dalam pemakaian cukup lama. Para pengguna disarankan untuk menjaga pembicaraan mereka sesingkat mungkin dan anak-anak dibawah umur 16 tahun sebaiknya menggunakan ponsel untuk telepon-telepon penting saja karena kepala dan sistem saraf mereka masih dalam perkembangan. 

Data terbaru dari Inggris, Denmark, Finlandia, Norwegia dan Swedia termasuk 678 orang dengan acoustic neuroma dan 3.553 orang tanpa kanker jenis ini menujukan tidak ada hubungan antara resiko acoustic neuroma dan lamanya pemakaian ponsel, waktu sejak pertama kali pakai dan total jam pemakaian atau banyak pembicaraan.

0 komentar:

Posting Komentar