CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 18 Oktober 2010

Cacing Baru dari Great Barrier Reef

Empat spesies cacing yang baru teridentifikasi, termasuk satu jenis yang memiliki warna hijau yang aneh, ditemukan dalam pasir di Great Barrier Reef, Australia.

Lapisan pasir yang menutupi dasar samudra bumi sebenarnya merupakan tempat tinggal bagi beraneka ragam organisme laut. Beberapa jenis binatang dapat memanfaatkan ruang-ruang berisi air di antara butiran-butiran pasir.


Binatang yang baru ditemukan tersebut adalah anggota genus
Grania, kelompok cacing yang ditemukan dalam pasir laut di seluruh dunia, mulai dari pantai pasang surut hingga ke laut dalam. Cacing yang masuk anggota Grania, bagian dari kelas cacing Clitellata, biasanya memiliki panjang 2 sentimeter dan sebagian besar berwarna putih.

Pierre De Wit, ahli zoologi dari University of Gothenburg di Swedia, adalah yang menemukan empat spesies cacing itu ketika menyaring sampel pasir yang diambil dari Great Barrier Reef. Salah satu dari empat cacing tersebut mempunyai warna hijau, yang diberi nama
Grania colorata, berbeda dengan tiga spesies cacing lain yang berwarna putih. "Cacing ini umumnya putih atau tak berwarna, dan kami belum bisa mengungkap mengapa spesies ini berwarna hijau," kata De Wit.

De Wit juga menemukan anggota keluarga
Grania di Skandinavia yang belum diketahui sebelumnya. Spesies cacing Grania occulta tersebut semula dianggap sebagai spesies Grania yang telah diketahui, namun analisis DNA menunjukkan bahwa spesies itu berbeda.

"Spesies yang sebelumnya dianggap sebagai spesies yang sama itu terbukti mempunyai fungsi yang amat berbeda dalam ekosistem, semisal toleransi berbeda terhadap racun lingkungan," kata De Wit. "Ini jelas penemuan penting agar kami dapat mengambil langkah yang tepat dalam melindungi fauna kita." Saat ini terdapat 71 spesies yang telah dideskripsikan dalam genus
Grania.

0 komentar:

Posting Komentar