CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 18 Oktober 2010

Ditemukan, Spesies Baru Siput Laut

TERKADANG harta dapat ditemukan di belakang rumahmu, terutama jika Anda tahu di mana harus mencarinya. Hal ini yang terjadi pada Jeff Goddard, ilmuwan proyek di Marine Science Institute di UC Santa Barbara Amerika Serikat.

Goddard sedang bekerja di kolam pasang air laut di Karang Carpinterua, Taman Nasional Carpinteria, California, saat ia menemukan spesies baru dari nudibranch (siput laut). Goddard memasukkannya dalam keluarga dari siput laut berdasarkan warnanya yang terang dan bentuknya yang lembut.

Ketika mengenali siput tersebut merupakan spesies baru, Goddard dengan hati-hati mendokumentasikan spesimen hidup itu dan mengirimnya ke Terrence M Gosliner, seorang yang mempunyai kewenangan pada taksonomi siput laut di California Academy of Sciences di San Francisco.

Sebelum dikirim, Goddard menyimpan siput ini di laboratoriumnya selama beberapa hari hingga siput tersebut bertelur ribuan, lalu mengobservasi pertumbuhan awal dan penetasan larvanya.

Terhadap temuan Goddard itu Gosliner menamakannya dengan mengikuti nama
Goddard. Hasil penelitian ini dimuat pada Proceedings of the California Academy of Sciences, pertengahan bulan lalu.

"Nudibranch air dangkal terutama fauna California Selatan sangat dikenal,jadi sangat menggembirakan untuk menemukan spesies baru di daerah Santa Barbara, tempat yang sangat dekat dengan kami," kata Goddard. "Lagi pula hanya satu spesimen yang ditemukan, jadi kita perlu menemukan di mana yang lainnya bersembunyi, apa yang mereka makan, dan dengan siapa mereka berinteraksi."

Pada kesempatan itu Goddard mengaku merasa terhormat bahwa Gosliner memilih menamakan spesies baru itu seperti namanya. Nama ilmiahnya adalah Flabellina goddardi, berukuran panjang 30 milimeter saat merentang dan merayap. Goddardi adalah spesies kelima dari Flabellina yang dikenal dari California.

Dalam artikel ilmiahnya, Goddard mendeskripsikan spesies baru itu memiliki karakteristik eksternal dengan rhinophore halus, ekor panjang, dan tentakel cephalic, sudut kaki meruncing, dan kurang pigmentasi pada kepala, badan dan ujung tentakel. Goddard menemukan siput laut pada 2008. Seperti banyak penemuan taksonomi, penamaan itu terkadang membutuhkan beberapa tahun untuk dokumentasi, penyandingan dengan spesies yang sudah dikenal.

0 komentar:

Posting Komentar